Fish

Selasa, 10 Mei 2011

9 Penyebab Gemuk yang Bukan dari Makanan...


Hm,,,ternyata tidak lah makanan berlemak dan kemalasan berolahraga yang membuat tubuh kita bulat dan buntel(*_*)....menurut penelitian yang saya kutip dari detik health, ternyata banyak hal penyebab kegemukan salah satunya, lampu menyala dimalam hari...bah?????aneh ya...penasaran?let,check this...

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Makan terlalu banyak dan tidak berolahraga mungkin menjadi penyebab utama kegemukan, tapi ternyata itu bukan satu-satunya yang bikin orang gemuk. Ada hal-hal mengejutkan lain yang juga membuat orang menjadi gemuk. Apa saja?


Penelitian telah menunjukkan bahwa hal-hal yang tidak terduga juga bisa menjadi faktor penyebab naiknya berat badan seseorang.

Berikut beberapa hal mengejutkan yang bisa membuat orang menjadi gemuk, seperti dilansir myhealthnewsdaily, Selasa (10/5/2011):

1. Terkena satu jenis strain virus flu
Anak-anak yang terkena strain virus flu biasa tertentu yang disebut adenovirus 36 lebih cenderung menjadi gemuk daripada anak-anak yang tidak tertular virus tersebut, berdasarkan temuan dalam jurnal Pediatrics.

Dalam sebuah penelitian terhadap 124 anak-anak, hampir 80 persen dari mereka yang terkena strain virus tersebut gemuk. Mereka ditimbang rata-rata 50 pound (23 kilogram) lebih berat dari anak-anak yang tidak terkena virus.

2. Operasi pengangkatan amandel
Para peneliti dari St Louis University di Missouri menemukan bahwa anak-anak yang amandelnya telah dikeluarkan (di operasi pengankatan) lebih banyak mengalami kenaikan berat badan setelah operasi ketimbang dari anak-anak yang tidak operasi amandel.

Para peneliti menemukan peningkatan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) bisa dilihat sampai tujuh tahun setelah operasi. BMI meningkat sebesar 5,5 persen menjadi 8,2 persen setelah operasi. Menurut peneliti hal ini karena operasi yang mengurangi masalah kesehatan lain yang dibawa oleh tonsilitis mungkin dapat meningkatkan nafsu makan anak.

3. Tidak cukup tidur
Orang yang tidak mendapatkan cukup tidur meningkatkan risiko menjadi obesitas, berdasarkan penelitian di jurnal Archives of Disease in Childhood.

Sejumlah perubahan hormon dan intoleransi glukosa (prekursor diabetes) terjadi ketika tubuh tidak cukup istirahat. Kurang tidur dapat memacu kelaparan dan kelelahan yang dapat mengurangi aktivitas fisik dan menyebabkan kenaikan berat badan, berdasarkan penelitian di jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

4. Tidur dengan lampu menyala
Menyalakan lampu saat tidur malam dapat membuat berat badan Anda meningkat, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Penelitian di Ohio State University mengungkap bahwa cahaya terang dapat mengubah sistem metabolisme tubuh. Perubahan itu terjadi karena jam biologis atau ritme sirkardian mudah terpengaruh oleh adanya cahaya. Obesitas dipengaruhi oleh cahaya terang di malam hari, sebagai faktor alami yang berkaitan dengan jam biologis.

5. Sering terpapar polusi
Polusi berdampak pada metabolisme tubuh, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition dan International Journal of Obesity.

Bahan kimia seperti bisphenol A yang ditemukan di plastik dapat mengganggu endokrin yang berhubungan dengan obesitas dengan mengganggu hormon sinyal. Sementara pestisida yang mempengaruhi sintesis hormon dan metabolisme juga bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

6. Gen
Ilmuwan diidentifikasi 18 tanda-tanda genetik baru bisa berperan dalam obesitas dan 13 tanda genetik baru dapat menentukan apakah lemak dapat menumpuk di sekitar pinggang atau pinggul, menurut dua studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Genetics.

7. Memiliki ibu yang makan tinggi lemak saat hamil
Para peneliti dari Universitas Cincinnati dan Medical College of Georgia menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi makanan tinggi lemak saat hamil dapat menyebabkan plasenta memberikan nutrisi terlalu banyak untuk janin, sehingga dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan besar yang merupakan faktir risiko obesitas di kemudian hari.

8. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan digunakan untuk mengendalikan atau mencegah depresi, diabetes, hipertensi dan kehamilan yang tidak diinginkan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, menurut jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

9. Memiliki ibu yang bekerja
Anak-anak dengan ibu bekerja (wanita karir) lebih cenderung menjadi gemuk daripada anak-anak yang tinggal di rumah ibu, menurut penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology.





dikutip dari :  Merry Wahyuningsih - detikHealth

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar