Kamis, 05 Mei 2011

Easy ways to speak English.....


Liburan semester ini, rencana apa yang ingin kamu lakukan? Belajar Bahasa Inggris? Ga Brani! Siapa takut! Sering kali timbul dalam benak kamu, alangkah susahnya belajar Bahasa Inggris. Perasan seperti itulah yang menyebabkan kamu tidak bisa walaupun belum dicoba. Padahal banyak sekali manfaat yang dapat kamu ambil bila kamu dapat berbahasa Inggris dengan baik. Bahasa Inggris merupakan syarat mutlak bagi kamu agar bisa mapan di era global ini, mempermudah kamu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, mendapatkan pekerjaan, mengikuti perkembangan dan teknologi, dan untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang di seluruh dunia, baik secara langsung, ataupun melalui internet. Nah......... Bagaimana kamu dapat belajar Bahasa Inggris dengan mudah?

Agar kemampuan Bahasa Inggris kamu meningkat, tentu saja kamu perlu memperbaiki kualitas bahasa Inggrismu. Ada beberapa hal yang akan mengubah kemampuan berbahasa Inggrismu menjadi lebih baik, apabila kamu menguasai cara belajar Bahasa Inggris yang baik. Berikut ini ada sejumlah cara yang dapat kamu terapkan, agar kamu mudah berbahasa Inggris.
Memulai dari diri sendiri. Segala sesuatu yang dilaksanakan dengan keinginan yang kuat, belajar dengan sungguh-sungguh dengan hasrat kuat, keinginan dan harapan yang besar akan mencapai hasil yang baik. Cobalah memulai menulis buku harian dalam Bahasa Inggris, apabila ada yang tidak kamu mengerti, kamu bisa membuka kamus Bahasa Inggris.


Menambah kosa kata. Cobalah membuat kartu-kartu kecil berisi nama-nama benda di dalam kamarmu, tempel kertas-kertas tersebut pada benda yang dimaksud. Cobalah untuk menghafal nama-nama benda dalam dalam Bahasa Inggris, dimulai dari kamarmu, seisi rumah, sekolah, benda-benda di jalan, hingga nama benda-benda langit. Mulai dari sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Belajar struktur bahasa. Langkah berikutnya adalah belajar struktur Bahasa Inggris melalui menulis tiap jenis tenses beserta contoh kalimatnya dalam kartu-kartu kecil, atau buku kecil yang mudah dibawa ke mana-mana, agar di saat luangmu, kamu dapat membacanya berulang-ulang. Apabila kesulitan membuat struktur yang benar, cobalah untuk bertanya pada orang yang kamu anggap lebih mengerti, bisa orang tua, guru, teman, bahkan tetangga.

Berkarya dalam bahasa Inggris. Cobalah untuk membuat puisi, komentar, atau pernak-pernik lain dalam Bahasa Inggris. Hal ini akan membuatmu terlatih dan terbiasa menulis.

Berkomunikasi. Cobalah untuk selalu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, mulailah dengan menyapa teman, orang tua dan saudara kamu dalam Bahasa Inggris. Tanyakan keadaan mereka, misalnya: ”How are you?”. Apapun yang ingin kamu katakan, katakan dalam Bahasa Inggris, misalnya kamu bilang pada ibumu kalau masakannya enak, kamu akan berangkat sekolah, akan menyalakan lampu, atau yang lain, usahakan selalu dalam Bahasa Inggris. Pada akhirnya, sapalah gurumu dalam bahasa Inggris. Ga Brani! Siapa takut! Semangat! Kamu pasti bisa. Nah..... pada akhirnya bila bertemu orang asing sapalah mereka. Tanyakan dari negara mana mereka berasal. Hendak pergi ke mana mereka, dan bagaimana kesan mereka terhadap Indonesia. Nah....... pasti bisa!
Mendengar, memahami, dan menceritakan kembali. Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, atau tayangan televisi berbahasa Inggris, baik berita maupun film. Cobalah memahami maknanya. Dapatkah kamu menceritakan kembali apa yang telah engkau dengar? Cobalah terus, jangan pernah ada kata menyerah Never ever surender.

Kunci utama dalam sukses berkomunikasi dalam Bahasa Inggris adalah: Jangan Takut Salah, Jangan Pernah Menyerah.

Belajar akan membuat pengetahuan kita bertambah. Tapi bila pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki tidak mengubah kita menjadi lebih baik, akan tidak berarti apa-apa. Try and Try. Experience Make You Better. Never ever surender Pengalaman membuat kamu lebih baik .Jangan pernah menyerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar